Jumat, 30 September 2016

#UPERP8T03D(GITBOOK)

GitBook merupakan sebuah layanan yang membangun format buku yang bersifat open source dengan menggunakan serangkaian alat yang sederhana dan kokoh untuk menulis buku dengan format tersebut.
Gitbook didirikan oleh Sammy Pesse dan Aaron O'Mullan. Mereka berdua berasal dari sebuah perusaahaan yang bernama FriendCode Inc. GitBook tidak hanya menyediakan buku gratis. Mereka mengizinkan kamu untuk menulis, penerbitkan dan mengelola buku kamu secara online. Gitbook telah membantu penulis, ilmuwan dan politisi dalam menulis buku. Gitboook mempunyai sekitar 3800 buku yang tersedia secara gratis ataupun berbayar. Salah satu pengguna Gitbook adalah CERN, Mozilla dan CodeFellows.
Berikut adalah salah satu contoh penggunaan Gitbook:
1.       Open Gitbook melalui browser di https://www.gitbook.com/ dan berikut adalah tampilan awal Gitbook:
Menampilkan image.png

2. 2. Selanjutnya lakukan Sign Up atau Sign In dengan menggunakan akun Google Anda, atau akun facebook, twitter dan Github untuk mempermudah:
Menampilkan image.png

3.       Jika sudah terverifikasi, maka akun Gitbook sudah dapat digunakan. Salah satu contoh kita bisa mencoba membuat buku dengan memilih Book & Manual. Tampilannya seperti di bawah ini:

Menampilkan image.png


4.       Untuk dapat mengatur siapa saja yang bisa menulis atau mengedit tulisan dalam buku tersebut adalah dengan cara menambah Collaborator. Caranya, pilih Setting bar di Home buku dan klik bagian Collaborators, seperti gambar di bawah ini:



5.       Finish, kita telah membuat buku yang nantinya dapat ditulis atau di-edit oleh rekan kita yang lainnya.


Demikian cara penggunaan Gitbook. Semoga bermanfaat... Terima kasih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar